INFO PRAKIRAAN DAERAH PENANGKAPAN IKAN(PDPI) dari KKP [13-15 September 2013 ] : DPI Jawa Bali dan Nusa Tenggara : DPI (122’34’’21.9’’’BT, 9’12’’3.1’’’LS) Potensi (111’18’’54.2’’’BT, 8’46’’7.7’’’LS) (112’4’’59.4’’’BT, 8’27’’50.7’’’LS) (115’28’’3.7’’’, 9’7’’43.9’’’LS) (115’26’’37.2’’’BT, 9’26’’27.2’’’LS) (107’17’’23.2’’’BT, 8’0’’2.5’’’LS) DPI Kalimantan : -- DPI Maluku Papua : -- DPI Sumatera : Potensi (104’55’’48.3’’’BT, 6’27’’52.0’’’LS) DPI Sulawesi : Potensi (118’43’’55.8’’’BT, 1’45’’35.1’’’LS)

Saturday, July 6, 2013

Teknologi Modifikasi Cuaca





UU RI No. 7 Thn 2004 Sumber Daya Air , Pasal 38, ayat 1 : “Pengembangan fungsi dan manfaat air hujan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 huruf c dilaksanakan dengan mengembangkan Teknologi Modifikasi Cuaca. (3 ayat di Pasal 38 tentang TMC).

Sejarah Modifikasi Cuaca di Dunia

Sejarah modifikasi cuaca di dunia diawali pada tahun 1946 ketika Vincent Schaefer dan Irving Langmuir mendapatkan fenomena terbentuknya kristal es dalam lemari pendingin, saat schaever secara tidak sengaja melihat hujan yang berasal dari nafasnya waktu membuka lemari es. Kemudian pada tahun 1947, Bernard Vonnegut mendapatkan terjadinya deposit es pada kristal perak iodida (Agl) yang bertindak sebagai inti es. Vonnegut tanpa disengaja suatu hari melihat titik air di udara ketika sebuah pesawat tebang dalam rangka reklame Pepsi Cola, membuat tulisan asap nama minuman itu. Kedua penemuan penting ini adalah merupakan tonggak dimulainya perkembangan modifikasi cuaca di dunia untuk selanjutnya.

Kegiatan modifikasi cuaca di Indonesia atau yang lebih dikenal dengan istilah hujan buatan dikaji dan diuji pertama kali pada tahun 1977 atas gagasan Presiden Soeharto (Presiden RI saat itu) yang difasilitasi oleh Prof.Dr.Ing. BJ Habibie melalui Advance Teknologi sebagai embrio Badan pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dibawah asistensi Prof. Devakul dari Royal Rainmaking Thailand.

Pada Tahun 1985 dibentuk satu unit di BPPT yang bernama Unit Pelayanan Teknis Hujan Buatan (UPT-HB) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Negara Riset dan Teknologi / Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi No: SK/342/KA/BPPT/XII/1985 fungsinya adalah memberikan pelayanan dalam hal meningkatkan intensitas (menambah) curah hujan sebagai upaya Pemerintah dalam menjaga ketersediaan air pada waduk yang berfungsi sebagai sumber air untuk irigasi dan PLTA.

TMC Dapat Menambah Curah Hujan 

Prinsip dasar penerapan TMC untuk menambah curah hujan adalah mengupayakan agar proses terjadinya hujan menjadi lebih efektif. Upaya dilakukan dengan cara mempengaruhi proses fisika yang terjadi di dalam awan, yang dapat dilakukan dengan dua cara, tergantung dimana lingkungan awan tersebut berada. Untuk bagian awan dingin, curah hujan akan bertambah jika proses pembentukan es di dalam awan juga semakin efektif. Proses pembentukan es dalam awan akan semakin efektif jika awan disemai dengan menggunakan bahan semai berupa perak iodida (Agl).
Untuk bagian awan hangat, upaya dilakukan dengan menambahkan partikel higroskopik dalam spektrum Ultra Giant Nuclei (UGN : berukuran lebih dari 5 mikron ) ke dalam awan yang sedang dalam masa berkembang atau matang sehingga proses hujan dapat segera dimulai serta berkembang ke seluruh awan. Penambahan partikel dengan spektrum CCN (Cloud Condencation Nucleus: Inti Kondensasi Awan) tidak perlu dilakukan, karena partikel dengan spektrum ini sudah disediakan sendiri oleh alam. Dengan demikian awan tidak perlu dibuat, karena dengan tersedianya CCN awan dapat terbentuk dengan sendirinya bila kelembaban udara cukup. Pada kondisi tertentu, dengan masuknya partikel higroskopik berukuran UGN kedalam awan, maka proses hujan (tumbukan dan penggabungan) dapat dimulai lebih awal, durasi hujan lebih lama, dan daerah hujan pada awan semakin luas, serta frekuensi hujan di tanah semakin tinggi. Dari sinilah didapatkan tambahan curah hujan. Injeksi partikel berukuran UGN ke dalam awan memberikan dua manfaat sekaligus, yang pertama adalah mengefektifkan proses tumbukan dan penggabungan sehingga menginisiasi (mempercepat) terjadinya proses hujan, dan yang kedua adalah mengembangkan proses hujan ke seluruh daerah di dalam awan. Bahan semai yang digunakan adalah bahan yang memiliki sifat higroskopik dalam bentuk super fine powder (berbentuk serbuk yang berukuran sangat halus), paling sering digunakan adalah NaCl, atau bisa juga berupa CaCl2 atau Urea.
Berikut adalah animasi yang menggambarkan perbedaan antara sekuens pertumbuhan awan yang tidak disemai dengan awan yang disemai :

Sekuens awan tidak disemai
5 menit : Kumulus mulai tumbuh.
10 menit : Mulai terjadi tetes-tetes besar. Awan makin besar
15 Menit : Tetes besar semakin banyak dan mulai terjadi kristal es. Awan mencapai tinggi maksimum
20 menit : Kristal-kristal semakin besar, tetes air di dalam awan berkurang. Kristal es jatuh dan mencair menjadi tetes air hujan.
30 menit : Hujan ringan berlangsung dan awan membuyar.

Sekuens awan yang disemai
5 menit : Kumulus mulai tumbuh.
10 menit : Mulai terjadi tetes-tetes besar. Awan makin besar
15 menit : Sejumlah bahan semai yang terkonsentrasi dimasukan ke dalam awan dari dasar awan maupun dari puncak awan.
20 menit : Terjadi pelepasan panas laten ketika air supercooled membeku menjadi es dan awan tumbuh menjadi sangat besar.
30 menit : Jumlah air yang terlibat di dalam awan semakin besar sehingga curah hujan meningkat.

Sumber: BPPT
              bumn.go.id



Wednesday, July 3, 2013

PROGRAM BEASISWA ERASMUS MUNDUS








Program Erasmus Mundus adalah sebuah program kerjasama dan mobilitas dalam bidang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mempromosikan Uni Eropa sebagai pusat keunggulan ilmu di dunia. Program Erasmus Mundus dibiayai oleh Uni Eropa dan terdiri atas Kegiatan 1 sampai dengan 3.

Halaman situs ini hanya mengulas skema Beasiswa Erasmus Mundus yang ditawarkan melalui Kegiatan 1 dan terbuka bagi mahasiswa/i dan akademisi asal negara-negara di luar Uni Eropa untuk studi di Eropa.

Beasiswa Erasmus Mundus adalah bantuan hibah dari Uni Eropa yang bertujuan untuk mendorong dan membuka kesempatan kepada mahasiswa/i lulusan S1 yang memenuhi syarat dari negara-negara di luar Uni Eropa untuk mengikuti Program-program Magister Erasmus Mundus tertentu di Eropa dalam jangka waktu 1-2 tahun.
Tersedia pula dana untuk para akademisi guna melaksanakan tugas mengajar atau penelitian dan kegiatan ilmiah di lembaga-lembaga yang turut serta dalam Program-program Magister Erasmus Mundus untuk kurun waktu maksimum 3 bulan.

Mahasiswa/i:
  • Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa;
  • Tidak terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun;
  • Belum pernah melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa manapun;
  • Telah menyelesaikan pendidikan tingkat S1. Bagi mereka yang telah mendapatkan gelar kesarjanaan pada tingkat akademik yang lebih tinggi juga dapat mendaftar pada Program Magister Erasmus Mundus, selama kriteria penerimaan untuk program tertentu memperbolehkannya;
  • Telah diterima atau telah terdaftar pada sebuah Program Magister Erasmus Mundus (lihat bagian tentang “BAGAIMANA cara mengajukan permohonan?”).
Akademisi:
  • Warga negara yang berasal dari negara-negara di luar Uni Eropa;
  • Bukan terdaftar sebagai penduduk di Negara Anggota Uni Eropa manapun;
  • Belum pernah melakukan kegiatan utamanya (kuliah, bekerja, dll) selama lebih dari 12 bulan dalam 5 tahun terakhir di Negara Anggota Uni Eropa manapun;
  • Memiliki pengalaman akademik dan/atau profesional yang sangat baik;
     
     
    “Warga negara dari negara-negara di luar Uni Eropa” adalah warga negara yang berasal dari semua negara selain dari:
    • 28 Negara Anggota Uni Eropa (Belgia, Bulgaria, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Estonia, Irlandia, Yunani, Spanyol, Perancis, Kroasia, Italia, Siprus, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Hongaria, Malta, Belanda, Austria, Polandia, Portugal, Rumania, Slovenia, Slowakia, Finlandia, Swedia dan Kerajaan Inggris);
    • Negara-negara EEA-EFTA (Islandia, Liechtenstein dan Norwegia);
    • Turki, negara-negara Balkan barat (Albania, Bosnia-Herzegovina, Kosovo berdasarkan Resolusi DK PBB 1244/99, Republik Makedonia bekas Yugoslavia, Montenegro dan Serbia) atau Swiss.
     

APA yang dimaksud dengan Program Magister Erasmus Mundus?
APA saja nilai tambahnya?

  • Program-program Magister Erasmus Mundus merupakan program-program studi yang terpadu pada tingkat magister (tidak diperuntukkan bagi tingkat S1 dan S3) yang ditawarkan oleh Konsorsium Magister Erasmus Mundus;
  • Mahasiswa/i akan menjalani masa kuliah di sekurang-kurangnya 2 dari 3 lembaga pendidikan yang ikut serta dalam program ini yang terletak di 2 negara Eropa yang berbeda. Dalam suatu konsorsium yang minimum terdiri atas 3 universitas (A, B, C), maka mahasiswa/i akan menjalankan perkuliahan di universitas A+B, A+C, B+C atau A+B+C. Akademisi tidak diwajibkan, namun biasanya ditawarkan untuk melaksanakan sebagian dari pekerjaan ilmiah mereka di lembaga pendidikan kedua dalam konsorsium;
  • Program-program Magister Erasmus Mundus akan menghasilkan pemberian gelar kesarjanaan ganda atau bersama;
  • Sebuah Program Magister Erasmus Mundus terdiri atas 60 sampai dengan 120 kredit European Credit Transfer System (ECTS) pada tingkat magister yang memerlukan jangka waktu pendidikan selama 1 hingga 2 tahun akademik;
  • Program-program Magister Erasmus Mundus mencakup berbagai macam disiplin ilmu: ilmu pertanian dan kehutanan, ilmu bisnis dan manajemen, ilmu komunikasi dan informasi, pendidikan dan pengajaran, teknik dan teknologi, humaniora, hukum, dll.

APA yang dimaksud dengan Konsorsium Magister Erasmus Mundus?

Konsorsium Magister Mundus Masters adalah suatu kelompok yang terdiri atas sekurang-kurangnya 3 lembaga pendidikan tinggi dari 3 negara Eropa yang berbeda yang telah dipilih oleh Komisi Eropa untuk melaksanakan Program Magister Erasmus Mundus.

BERAPA nilai bantuan Beasiswa ini?

Beasiswa untuk mahasiswa/i diberikan selama jangka waktu Program Magister, dengan jangka waktu maksimum 2 tahun. Beasiswa adalah senilai € 24.000 per mahasiswa/i untuk program pendidikan 1 tahun (biaya perjalanan, biaya kuliah, tunjangan bulanan, akomodasi, dll) atau € 48.000 per mahasiswa/i untuk jangka waktu 2 tahun.
Tunjangan untuk para akademisi akan diberikan untuk periode 3 bulan, yaitu sebesar € 14.800 per orang (akomodasi, tunjangan bulanan, biaya perjalanan, dll.).
Beasiswa dibayarkan langsung kepada para penerima beasiswa melalui Konsorsium.

BAGAIMANA cara mengajukan permohonan?

Pengajuan permohonan untuk mengikuti Program Magister Erasmus Mundus dan mendapatkan Beasiswa Erasmus Mundus harus disampaikan langsung ke Konsorsium Magister Erasmus Mundus yang menawarkan program tertentu yang diminati. Surat permohonan tidak dapat diajukan ke Komisi Eropa.
Persyaratan khusus dan kriteria penerimaan (misalnya: hasil studi, kemampuan bahasa, dll) ditentukan oleh masing-masing Konsorsium. Persyaratan yang ditentukan antara satu konsorsium dengan konsorsium lainnya dapat saja berbeda.
Saat ini, terdapat 131 Program Magister Erasmus Mundus yang dapat dilihat pada situs ini atau dapat pula dicari melalui Google Search dengan cara mengetik: "Eramus Mundus List". Perlu diketahui bahwa setiap tahunnya, akan ada program-program Magister baru tambahan.

KAPAN batas waktu pengajuan permohonan?

Batas waktu pengajuan permohonan untuk masing-masing Program Magister berbeda dan ditentukan oleh Konsorsium. Batas waktu dapat berkisar dari awal bulan Desember hingga akhir bulan Januari. Silakan klik situs masing-masing Program Magister untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
Tahun akademis Program Magister Erasmus Mundus biasanya dimulai antara bulan Agustus dan November.


APA beasiswa Erasmus Mundus dapat berlaku untuk program magister lainnya?

Tidak. Beasiswa Erasmus Mundus secara eksklusif ditujukan untuk Program-program Magister Erasmus Mundus. Dengan kata lain, beasiswa tersebut tidak berlaku untuk mahasiswa/i dan akademisi yang telah diterima oleh program magister lainnya di Eropa.
Akan tetapi, tidak semua mahasiswa/i yang diterima dalam Program Magister Erasmus Mundus akan menerima Beasiswa Erasmus Mundus. Masing-masing Konsorsium Magister Erasmus Mundus menentukan mahasiswa/i mana yang akan menerima beasiswa.
PANDUAN RINGKAS untuk mendaftar pada Program Magister Erasmus Mundus dan Beasiswa Erasmus Mundus:
1. Akses situs ini untuk melihat daftar Program-program Magister yang tersedia saat ini;
2. Pilih Program Magister Erasmus Mundus yang diminati dan klik situsnya untuk mendapatkan rincian tentang penjelasan tentang program, persyaratannya, proses pengajuan permohonan, formulir-formulir dan tenggat waktu.
  
source: 
http://eeas.europa.eu/delegations/indonesia/more_info/erasmus_mundus/index_id.htm

Monday, July 1, 2013

Komunitas fitoplankton di laut










 


Perairan yang berbeda warna di Laut Okhotsk pada 12 Juni 2013 menunjukkan perbedaan struktur komunitas fitoplankton dari satu lokasi ke lokasi berikutnya. Komunitas warna laut pada akhirnya akan  menggunakan data penginderaan jauh, seperti ditunjukkan dalam gambar di atas Aqua-MODIS, untuk lebih memahami keragaman fitoplankton global.

Sumber : oceancolor.gsfc.nasa.gov/

Tuesday, June 25, 2013

Beasiswa Indonesian German Scholarship Programme (IGSP) DIKTI

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN TINGGI
Jalan Jenderal Sudirman. Pintu I Senayan, Jakarta 10270
Telp. (021) 57946100 (Hunting) Fax. 57946052
Email: subdit_pk@dikti.go.id Homepage: http://dikti.go.id
Pengumuman Pendaftaran Beasiswa Pascasarjana skema IGSP
Ditjen Pendidikan Tinggi Tahun 2014

Sebagai upaya meningkatkan kualifikasi dosen dan calon dosen, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan membuka pendaftaran beasiswa pascasarjana Indonesian German Scholarship Programme (IGSP) untuk alokasi tahun 2014. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi dosen tetap dan calon dosen pada perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan melanjutkan studi ke jenjang pendidikan Doktor (S3) di Jerman.
Bagi yang berminat melamar beasiswa tersebut, silakan mendaftar secara on-line melalui website: http://beasiswa.dikti.go.id (untuk dosen) atau http://beasiswa.dikti.go.id/ln (untuk calon dosen). Melalui pendaftaran secara on-line ini, setiap pendaftar akan memperoleh nomor registrasi online.

Perlu kami sampaikan bahwa mulai tahun 2013 ini, sistem seleksi berkas lamaran dilakukan melalui sistem online. Oleh karena itu, pelamar yang dipanggil wawancara adalah mereka yang mengunggah berkas lamaran secara lengkap dan memenuhi kriteria yang tercantum dalam Pedoman Program Pascasarjana Luar Negeri Ditjen Pendidikan Tinggi alokasi tahun 2013. Pedoman tersebut tersedia di laman http://beasiswa.dikti.go.id atau http://studi.dikti.go.id
Seleksi wawancara beasiswa pascasarjana melalui skema IGSP untuk studi PhD dimulai pada Winter Semester 2014 akan dilaksanakan pada bulan November 2013 di Jakarta, Indonesia. Untuk itu, pendaftaran secara online dan pengunggahan berkas lamaran dilakukan paling lambat pada 15 Oktober 2013.
Demikian pemberitahuan kami. Atas perhatian dan kerjasama yang baik, kami ucapkan terima kasih.

Bachelor & Master, Utrecht Excellence Scholarships, Utrecht University, Netherlands

The Utrecht Excellence Scholarship offers a number of highly talented prospective students the opportunity to pursue a degree in a selected number of fields at Utrecht University:
International Bachelor’s programmes:
  • Economics and Business Economics
  • Liberal Arts & Sciences at University College Utrecht
International Master’s programmes offered by the following Graduate Schools:
  • Graduate School of Geosciences
  • Graduate School of Humanities
  • Graduate School of Law, Economics and Governance
  • Graduate School of Life Sciences
  • Graduate School of Natural Sciences
  • Graduate School of Social and Behavioural Sciences
Note that Master’s programmes that are privately funded are not eligible.
The scholarship programme is highly selective. Only candidates showing the highest achievement and promise may receive a scholarship.

Duration and number of scholarships
Selected students receive a scholarship for the duration of the degree programme, which is a maximum of two years for a Master’s degree and three years for a Bachelor’s degree. Approximately 55 scholarships are awarded each year. The scholarship will only be renewed for the second (and third) year if the student is making satisfactory progress towards the degree.
Amount of scholarship
Selected students are awarded a scholarship up to 28 350 euro per year. Students should be aware that the grant is not necessarily a full scholarship, and that it may be necessary to find additional funding to be able to finance study and stay completely. As one of the requirements for being granted a residence permit in the Netherlands, students from abroad must prove to the IND (Immigration and Naturalisation Office) that they have sufficient financial means.
Eligibility criteria
The applicant must meet the eligibility criteria in order to be considered for this scholarship. The applicant should:
  1. Not have the Dutch or an EU/EEA nationality;
  2. Hold a non-Dutch secondary school diploma;
  3. Have been admitted to an International Master’s programme within one of the Graduate Schools mentioned above, the Bachelor’s programme in Economics and Business Economics or to University College Utrecht;
  4. Hold a relevant Bachelor’s degree (for a Master’s programme) or secondary school diploma (for a Bachelor’s programme), or an equivalent thereof;
  5. Be able to comply with the conditions to obtain a Dutch visa;
Failure to meet one or more of these criteria automatically means the student is not eligible for this scholarship.
Selection criteria
Eligible candidates are selected for a scholarship on the basis of the following criteria:
  1. Their academic excellence and promise in the proposed field of study;
  2. The academic quality and results of the preceding education, as evidenced, for example, by grades, test scores, publications, letters of recommendation;
  3. The quality and relevance of the motivation letter (academic content, intercultural and communication skills, personal motivation);
  4. The quality and feasibility of the financial plan in the application;
  5. The quality of the application itself (completeness, accuracy, consistency).
Application
It is not possible to apply for the Utrecht Excellence Scholarship. The selection committee of the programme will select eligible candidates on the basis of the selection criteria mentioned above. The selected candidates will be offered an Utrecht Excellence Scholarship at the latest in May.
Please note that students starting their programme in February are not eligible for the Utrecht Excellence Scholarships.
Deadline: Prospective Bachelor’s students in Economics and Business Economics who wish to be considered for the scholarship should apply for admission before 1 April. Prospective Master’s students who wish to be considered for the scholarship should apply for admission before 1 December.
Funding
The funds for the scholarships come from the Utrecht Excellence Scholarship Fund, established by Utrecht University and from contributions by Utrecht University alumni.
For more information, please visit official website: www.uu.nl.

Sussex Graduate Scholarship, University of Sussex, UK

We are delighted to launch a prestigious new scholarship scheme for Sussex undergraduates.
The scholarships are available to students graduating from Sussex and progressing immediately on to full-time Masters studies in any school at the University (excluding the Brighton and Sussex Medical School and IDS. The scholarships are awarded on the basis of academic performance (First- and upper second-class honours degrees only) and only for the first year of postgraduate studies in the case of two year full-time masters degrees and 1+3 courses.
If you achieve a first class degree you are eligible for a £3,000 award if you achieve an upper second class degree you are eligible for a £2,000 award.
Type of award
PGT
Award amount
£3,000 fee waiver for First class degree, £2,000 fee waiver for 2:1 degree
Eligibility
In order to be considered for a Sussex Graduate Scholarship you must meet all of the following criteria:
  • You must be a University of Sussex graduate progressing immediately (i.e. the following autumn) onto an eligible full-time Masters degree in 2013 (see below);
  • You must achieve a First- or upper second-class undergraduate honours degree from the University of Sussex.
  • You must have applied for your chosen full-time Masters degree by 1 August 2013 and then accept and meet the conditions of your offer; and
  • You must meet the University’s entrance requirements
The scholarship relates to all full-time taught Masters degree courses at the University of Sussex (e.g. MA, MSc, LLM) excluding the following courses:
  • Postgraduate diplomas
  • Graduate Entry LLB
  • Common Professional Examination (CPE)/Graduate Diploma in Law
  • Graduate Diploma in Economics
  • Masters degrees in Social Work
  • Social Work post qualifying Masters degrees
  • PGCE courses and schools direct teaching courses
  • MSc Automotive Engineering
  • Master of Education (two years part-time)
  • MA degrees in IDS apart from the MA Gender and Development and the MA in Climate Change and Development
  • Masters degrees at the Brighton and Sussex Medical School
  • Pre-Masters degrees and diplomas taught at partner colleges which are validated by Sussex
  • In addition, masters students who are funded by the research councils (e.g. those receiving ESRC funding for a 1+3 integrated masters and PhD and AHRC funded masters courses) are not eligible for the Sussex Graduate Scholarship.
Procedure
If you are a current final year undergraduate Sussex student and intend to go on to study at Sussex for taught Masters study you will automatically be eligible for this scheme providing you achieve the degree classification required, meet the University’s general entrance requirements and apply for an eligible Masters course.
There is no separate application process for the Scholarship which is awarded automatically if you are eligible. However, you must apply for admission to an eligible Masters course by 1 August via the University’s online postgraduate application system:
http://www.sussex.ac.uk/study/pg/applying/2013entry/onlineapplication
If you are ineligible you will not be entitled to an appeal against the decision but may ask for information as to why you were deemed ineligible.
Timetable
The deadline for application to an eligible Masters course is 1 August 2013.
Further information
If you accept a Sussex Graduate Scholarship you will be required to undertake occasional promotional or support duties for the University of Sussex at times agreed between yourself and the University (e.g. providing text for the prospectus or web page). Schools of study may have specific duties they wish you to assist with.
Frequently Asked Questions
1. Are the scholarships available to study in other universities
No, the Sussex Graduate Scholarship can only be held at the University of Sussex.
2. If I am a current Sussex student am I eligible?
Yes, this is for you if you are a final year undergraduate at the University of Sussex. But, you must be intending on going straight on to study an eligible full-time Masters course at Sussex immediately on completing your undergraduate studies in 2013. If you wish to take up this award, you are not permitted to defer.
3. I am an overseas student for fee purposes am I eligible to apply?
You are eligible if you are a current Sussex undergraduate student and do not intend to defer between completion of your undergraduate studies and your Masters. It does not matter if you are from the UK, EU or outside the EU.
4. If I am offered a scholarship but defer my place at Sussex, can the scholarship be carried over to the next year?
Unfortunately, it is not possible to carry over the scholarship to another year. However, if you intend to defer and are from the UK/EU and hold a first class degree from a UK University and meet our entrance requirements you may be eligible for the Chancellors Masters Scholarship. If you are classified as an overseas student for fee paying purposes and hold a good degree, you may wish to apply for one of the 25 Chancellors International Scholarships available for postgraduate taught study at Sussex.
5. If I have funding from another source can I also apply for a scholarship?
Yes – the scholarships are available to funded and self-financing students. However, you cannot be in receipt of this award and research council funding i.e. as part of the ESRC funded 1+3 scheme or AHRC funded masters courses. If you receive an additional fee waiver from a School or department at the University the total amount of the combined fee waivers cannot exceed the total amount of the tuition fee.
6. Are the scholarships available to study at research (MPhil / PhD) level?
No – however, there are scholarships for research students. There are 10 Chancellors International Scholarships available for overseas students intending on Doctoral study (which cover fee and living costs). There are a range of options for HEU students intending on Doctoral study.
7. Do I need to apply for a scholarship?
There is no separate application process for the Scholarship. This will be awarded automatically if you are eligible. However, you must apply for admission to an eligible Masters course by 1 August 2013 using the online postgraduate application service:
http://www.sussex.ac.uk/study/pg/applying/2013entry/onlineapplication
8. How will I receive the scholarship?
The scholarship is awarded in the form a partial tuition fee waiver. If you are awarded either £3,000 or £2,000 this will be automatically deducted from your tuition fees
9. When will I receive the scholarship?
Your account will be credited with either £3,000 or £2,000 once you have been admitted.
Contact details
scholarships@sussex.ac.uk

David Geffen Foundation Scholarship, Musicians Institute, USA

David Geffen FoundationThe David Geffen Foundation Scholarship, sponsored by The David Geffen Foundation, is awarded to students currently enrolled full time in the Certificate in Music Business program, in a Music Business emphasis within an AA Degree, or the Music Industry Studies minor within the BM Degree.
Eligibility
To be considered for a David Geffen Foundation Scholarship, you must meet the following criteria:
  • Be currently enrolled full time in the Certificate in Music Business program, in a Music Business emphasis within an AA Degree, or the Music Industry Studies minor within the BM Degree.
  • Complete a David Geffen Foundation Scholarship application (see application download instructions below). Eligibility is determined by a combination of demonstrated financial need, academic standing (minimum GPA of 3.0) and the quality and content of the scholarship essay (described below).
  • Submit a 250-word essay explaining why you should be considered for the David Geffen Foundation Scholarship. Include your goals, financial situation (including the amount of tuition credit requested), and any other factors you consider relevant.
Award
Tuition credit based on student need and available funds.
Application deadline
Applications are accepted at any time during a student’s full time enrollment. There is no deadline for application.
Musicians Institute
Scholarship Department
6752 Hollywood Blvd.
Hollywood, CA 90028
For more information, please visit official website: www.mi.edu.